Dua Hari Jadi ‘Santri Kalong’ di Padepokan NLP-nya Kiai Ronny Furqoni

“Dari tadi aku liat-liat, 2 orang ini nggak masuk-masuk, cuma di depan aja pake ID card ‘Tamu’, eh rupanya nggak mbayar toh. La wong aku aja mesti jual motor dulu buat ikut,” demikian seloroh yang saya dengar dari ‘Suhu’ Widyarto di Sabtu pagi minggu lalu. Saya dan Kang Asep Haerul Gani pun tertawa dan merespon dengan berkata, “Ya makanya kita di luar. Namanya juga pengintip. Ya biarin yang mau diintip buka baju dulu dong.”

(more…)

NLP and The Structure of Hypnosis (2)

”Bagaimana seorang hipnotis bekerja?” tanya seorang kawan.

”Dengan mengucapkan kata-kata,” jawab saya.

”Hanya itu? Bagaimana dengan bandul, kursi malas, dll?” tanyanya penasaran.

”Ya, cuma itu, tanpa bandul dan kursi khusus. Hanya memang kata-katanya itu ada rahasianya,” sambung saya.

”Rahasia? Apa tuh?”

(more…)

NLP and The Structure of Hypnosis (1)

Ah, Anda masih ingat rupanya dengan nama Milton Erickson rupanya. Ya, setelah merumuskan Meta Model, Bandler dan Grinder kemudian diperkenalkan kepada Milton Erickson. Erickson adalah seorang psikiater dan psikoterapis kenamaan yang pernah ada di dunia. Saya katakan demikian, karena memang ia sangat fenomenal di jagat psikoterapi dan lebih khususnya hipnoterapi klinis. Ia telah merevolusi jagat perhipnosisan menjadi sebuah ranah ilmu yang saintifik dan bebas dari unsur mistik. Lebih dari itu, pendekatan indirect yang ia kembangkan menjadikan hipnosis sebuah ilmu yang memiliki efek terapi amat ampuh. Konon, Erickson hampir tidak pernah gagal dalam menghipnosis orang. Wuih! Memang, ada beberapa kemungkinan akan hal yang belakangan saya sebut ini. Bisa jadi karena ia pandai memilih pasien, atau memang ia betul-betul jagoan hipnosis yang mumpuni.

Ups, bercanda. Erickson memang masuk yang amat mumpuni kok.

(more…)

Sudah Saya Putuskan

Sudah 1,5 tahun sejak pertama kali Indonesia NLP Society berdiri. Pertama kali mengusung tema Street Smart NLP, saya hanya berangkat dari sebuah tujuan sederhana: mempelajari NLP dengan benar dan mudah, serta murah. Selama kurun waktu tersebut pula, saya berinisiatif untuk menggunakan berbagai metode pembelajaran yang memungkinkan bagi saya dan anggota komunitas ini untuk belajar secara efektif. Melalui penelusuran, saya menemukan bahwa proses belajar menjadi lebih efektif ketika kita menggunakan 3 siklus pembelajaran, yaitu mengetahui, melatih, dan menarik maknanya.

(more…)